Pernah anda merasakan keramaian dan pusing? Atau ruangan yang terlalu sesak sempit? Begitu pun yang akan anda rasakan ketika mendesain slide. Ruang kosong atau white space penting keberadaannya dalam menuntun mata saat memperhatikan silde. Logika gampangnya tak ada isi kalo tak diimbangi kosong. Artinya ruang kosong adalah bidang yang tak terlihat dan dilihat.

White space justru jelas keberadaannya ketika ada objek yang terletak di dalamnya. Contoh gambar dibawah ini bisa kita rasakan sendiri.

lingkaran hitam

lingkaran putih

Dari kedua gambar tersebut, menampilkan lingkaran di tengah kekosongan ruang. Walaupun backround berwarna hitam kita akan tetap melihat ada objek lingkaran. Kekosongan itulah yang bisa membentuk objek lingkaran tadi.

Lalu jika anda amati gambar di bawah ini berupa kotak-kotak hitam-putih berebut dominasi walaupun penataannya rapi, maka akan terlihat seperti ruang kosong atau pantas dijadikan backround.

kotak hitam putih

Lain halnya jika ada satu objek yang berbeda dan ukurannya besar, maka objek itu menjadi pusat perhatian.

kotak hitam putih-bulat

Dalam penerapan di slide, saya ambil contoh teks sebagai percobaan. Pada gambar di bawah ini beberapa variasi penuh-kosong penempatan teks. Maka variasi teks yang sesuai dengan area kekosongan tempat ada di urutan kedua, sedangkan yang kesatu terlalu rapat/penuh. Sebaliknya yang terakhir terlalu banyak ruang kosong.

ruang kosong

ruang kosong-2

ruang kosong-3